Jumat, 03 September 2010

Makassar Art Moment 2010

TENTANG MAKASSAR ART MOMENT

Kesuksesan penyelenggaran FSD UNM Art Moment pada tahun 2009 menjadi satu bukti adanya potensi yang besar di sektor seni dan budaya yang dapat dikembangkan sebagai salah satu alternatif menciptakan iklim yang kondusif dan suasana keterbukaan publik di kota makassar. 

Selain berfungsi sebagai varian hiburan bagi masyarakat dan bagi pengunjung wisata kota Makassar, event ini dapat menjadi kalender pariwisata dan seni budaya pemerintah kota Makassar, dan menjadi ajang untuk memperkenalkan lebih jauh budaya Kota Makassar kepada publik Internasional.

Bagi UNM sendiri event ini akan menjadi bahan pengembangan wawasan akademik dan kepentingan pendidikan, penelitian dan bahan pengabdian pada masyarakat. Sedangkan bagi seniman baik dari dalam maupun luar negeri event ini akan menjadi ajang komunikasi kesenian yang bermanfaat bagi kemajuan kesenian kota Makassar.

Berbagai pertimbangan tersebut menjadi landasan untuk menyelenggarakan event kesenian bertajuk Makassar Art Moment 2010 dan Insya Allah akan berlanjut pada tahun-tahun berikutnya sebagai kegiatan tahunan) sebagai rangkaian kegiatan menyambut hari jadi kota Makassar. Kegiatan ini sekaligus merespon keinginan dan tawaran  Wali Kota Makassar “Ir. Ilham Arief Sirajuddin,  MM. pada penyelenggaraan FSD Art Moment 2009.

Kerjasama antara FSD Universitas Negeri Makassar dan Pemerintah Kota Makassar dalam sebuah event seni budaya akan memberi efek positif bagi kedua institusi dalam perannya masing-masing mempersiapkan Makassar menuju Kota Dunia.

MAKSUD & TUJUAN
  • Menjadikan Makassar sebagai salah satu titik perkembangan kesenian di Indonesia terutama di Indonesia bagian timur 
  • Memberi kesempatan mengembangkan kreativitas, berbagi wawasan, bertukar informasi seluas-luasnya bagi seniman, dosen, masyarakat seni dan umum, serta  mahasiswa perguruan tinggi seni.  
  • Memberikan dan mempelajari gambaran secara jelas tentang perkembangan seni di Indonesia   
  • Menegaskan fungsi institusi perguruan tinggi seni sebagai salah satu pilar utama perkembangan dunia kesenian di tanah air  
  • Memberi kesempatan masyarakat kota Makassar dan sekitarnya untuk mengapresiasi berbagai karya seni dari dalam maupun luar negeri.

PELAKSANA
Kegiatan ini dilaksanakan oleh FAKULTAS SENI dan DESAIN UNM bekerjasama dengan Pemerintah kota Makassar

PESERTA
Peserta adalah seniman, mahasiswa dosen dan pekerja seni, baik dari Makassar, maupun daerah lain se-Indonesia maupun seniman luar negeri.

WAKTU & TEMPAT PELAKSANAAN 
Keseluruhan kegiatan akan berlangsung di kota Makassar dan sekitarnya dengan mengambil tempat antara lain, Benteng Rotterdam, Anjungan Pantai Losari, Hotel La Macca UNM, Mall Trans Studio, dan Kampus UNM

2 komentar: