Selasa, 12 Oktober 2010

Seni budaya merupakan salah satu warisan leluhur yang memiliki potensi dan bisa menjadi modal utama dalam membangun kota ini

Perubahan situasi perekonomian Nasional saat ini memperlihatkan grafik yang menggembirakan. Makassar sebagai satu – satunya kota metropolitan dikawasan timur Indonesia juga tidak terlepas dari geliat pembangunan yang saat ini bergerak begitu pesat dan tentunya diharap mampu menghantarkan masyarakat kita menuju ke kondisi ideal sebagai masyarakat sejahtera seperti yang di dambakan oleh pendiri bangsa kita terdahulu. Tentunya Kita sebagai generasi pelanjut harus terus menggali potensi-potensi yang ada supaya mampu bersaing dan sejajar dengan kota – kota maju di belahan dunia lainnya.
Sulawesi Selatan merupakan wilayah yang sarat dengan ragam budaya serta didukung oleh kultur alam dan kultur sosial yang kondusif untuk melahirkan multirupa seni. Perubahan yang terjadi dalam seni merupakan dampak dari globalisasi yang ditandai dengan adanya revolusi dalam bidang informasi, komunikasi, dan transportasi. Hal tersebut memacu kita untuk mengambil langkah dan strategi secara bijak untuk menempatkan serta memposisikan citra seni budaya daerah untuk hidup dan berkembang di tengah masyarakat.
Perintah Kota Makassar bersama dengan stakeholder kesenian termasuk Univesitas Negeri Makassar mencoba mempertautkan ekspresi seni dari para kreator seni dan masyarakat untuk bersama-sama memperkuat benteng pertahanan budaya secara cepat, tepat, dan akurat, yang pada gilirannya diharapkan dampak globalisasi tidak lagi menjadi momok yang menakutkan, namun menjadi mitra untuk saling mengilhami dan diilhami budaya luar yang positif sehingga memperkaya kreasi dan inovasi para kreator.
Untuk mewujudkan hal tersebut, kami mengajak masyarakat serta dunia usaha berperan serta dalam upaya peningkatan SDM seni yang tangguh secara berkesinambungan,agar terwujud SDM seni yang professional,kreatif,dan inovatif.
Seni budaya merupakan salah satu warisan leluhur yang memiliki potensi dan bisa menjadi modal utama dalam membangun kota ini. Dengan menggunakan potensi kreativitas, profesionalisme dan semangat yang tinggi seni budaya akan dapat memberikan manfaat ekonomi yang sangat besar, mengingat sektor keuangan dan industri yang selama ini menjadi pilar utama perekonomian dunia kerap mengalami goncangan yang cukup berarti.
Kami sangat gembira Universitas Negeri Makassar sebagai bagian dari entitas pengembangan pendidikan budaya di Makassar telah terus-menerus menggali potensi-potensi yang berbasis seni budaya termasuk menyelenggarakan Makassar Art Moment 2010. Pentas kesenian semacam ini diharap akan mendapat apresiasi secara internasional. Kegiatan ini juga sebagai bagian dari usaha untuk membangun Kota Makassar sebagai Kota dunia yang berlandaskan kearifan lokal yang saat ini menjadi bahasa semangat kebersamaan kita dalam membangun kota ini. Penyelenggaan Seni ini sekaligus menumbuhkan semangat berkreasi, sehingga mendorong pertumbuhan kegiatan ekonomi kreatif di kota ini, serta kota – kota lainnya dikawasan timur Indonesia. Hal ini juga sejalan dengan pencanangan Visit Year Makassar 2011 yang menjadi moment untuk menarik wisatawan sebanyak banyaknya untuk datang berkunjung ke Makassar.
Harapan kami, semangat dan usaha keras untuk membangun dan menumbuhkan kegiatan seni budaya sekaligus sebagai bentuk pengembangan ekonomi bisnis sebagai prioritas bagi para pelaku bisnis di Makassar.
Akhir kata, kami ucapkan terima kasih kepada pemrakarsa dan seluruh pihak terkait yang telah bekerja keras demi penyelenggaraan acara ini. Semoga kegiatan ini bermanfaatn bagi kita semua.

Ilham Arief Sirajuddin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar